Kamis, 09 Desember 2010

Waria di tinjau dari segi sosial

Waria di tinjau dari segi sosial

Dalam hal ini kita membicarakan tentang seorang pria yang mengalami suatu masalah kesejahteraan baik di pandang segi social dan pikologis.permasalahan yang mereka hadapi tidaklah semudah yang orang lain lihat, di samping itu mereka juga harus menahan tekanan batin yang sering menimpa mereka di mana banyak masyarakat yang menghujat dan memandang mereka sebelah mata.

di samping itu juga dari segi agama dan aturan yang ada di indonesia ini hal tersebut sangatlah menyimpang.para waria yang melakukan aktifitas tersebut sebenarnya mereka juga tidak ingin takdir mereka seperti itu, tetapi semua itu mereka bisa merubah asal mereka ada kemauan.sebenarnya waria itu adalah sesosok pria yang merubah fisiknya untuk menjadi waria(wanita-pria).

Hal yang dilakukan mereka adalah memperbesar payudara mereka supaya terlihat seperti seorang wanita yang sewajarnya.adapun yang mereka lakukan ialah mengoperasi wajah mereka, supaya lebih terlihat seperti wanita yang benar2 wanita,yaa walaupun sebenarnya mereka adalah pria.

Sedih memang melihat apa yang di kerjaan mereka.di lain waktu saya juga pernah melihat mereka menampakkan dirinya di tempat biasanya mereka menawarkan diri mereka.dan waria pun bukanlah hal yang asing lagi di dengar di seluruh indonesia maupun dunia.mereka sudah lama ada, bahkan sebelum saya lahir,maybe.jika berbicara soal waria tak lepas dari peranan pemerintah,keluarga,dan orang-orang terdekatnya untuk berhenti dari pekerjaan yang hina tersebut.

Dan tidaklah mudah untuk mengembalikan mereka ke kodrat yang sebenarnya.perlu waktu yang tidaklah sedikit untuk menyadarkan mereka tentang apa yang mereka lakukan itu.mereka harus di beri masukan tentang bahaya-bahaya yang akan menimpa mereka di mana secara tidak sadar,bahaya tersebut telah membayangi mereka setiap saat.

Tak pernah terfikirkan di benak para waria tentang bahaya yang mereka lakukan, ya walaupun ada segelintir waria yang sudah tau tentang bahaya yang akan menimpa mereka.tetapi percuma jika tidak ada yang mendampingi untuk terus memberi motivasi kepada mereka.



Mungkin salah satu penyakit yang akan menimpa mereka adalah HIV/AIDS.salah penyakit yang sangat terkenal di dunia,dan sangat mematikan.penyakit ini telah hinggap di mereka yang suka melakukan seks bebas dan suka berganti-ganti pasangan.

Ada tiga faktor penyebab seseorang menjadi waria yaitu :

1. Biogenik
Seseorang menjadi waria disebabkan atau dipengaruhi oleh faktor biologis atau jasmaniah, dimana yang bersangkutan menjadi waria dipengaruhi oleh lebih dominannya hormon seksual perempuan dan merupakan faktor genetik seseorang. Selain itu, neuron yang ada di waria sama dengan neuron yang dimiliki perempuan. Dominannya neuron dan hormon seksual perempuan mempengaruhi pola perilaku seseorang menjadi feminim dan berperilaku perempuan.

2. Psikogenik
Seseorang menjadi waria juga ada yang disebabkan oleh faktor psikologis, dimana pada masa kecilnya, anak laki-laki menghadapi permasalahan psikologis yang tidak menyenangkan baik dengan orang tua, jenis kelamin yang lain, frustasi hetereseksual, adanya iklim keluarga yang tidak harmonis yang mempengaruhi perkembangan psikologis anak maupun keinginan orang tua memiliki anak perempuan namun kenyataannya anaknya adalah seorang laki-laki. Kondisi tersebut, telah menyebabkan perlakuan atau pengalaman psikologis yang tidak menyenangkan dan telah membentuk perilaku laki-laki menjadi feminim bahkan kewanitaan.

3. Sosiogenik
• Keadaan lingkungan sosial yang kurang kondusif akan mendorong adanya penyimpangan perilaku seksual. Berbagai stigma dan pengasingan masyarakat terhadap komunitas waria memposisikan diri waria membentuk atau berkelompok dengan komunitasnya.






Memang sangat menyedihkan kehidupan mereka,tak banyak yang dapat di lakukan pemerintah untuk mengembalikan kehidupan mereka seperti sewajarnya.terlihat di Indonesia sangatlah sulit untuk mencari pekerjaan.dan pelarian mereka salah satunya menjadi seorang waria.tetapi jangan salah,walaupun mereka di pandang sebelah mata ternyata tak sedikit waria mempunyai keahlian khusus yang di berikan allah swt kepada mereka.dan sekarang tergantung mereka apa yang akan di lakukan dengan keahlian yang mereka miliki.

1 komentar: